Soul of Hadi

Selamat datang di Diary onlineku. Terus terang blog ini lahir tanpa konsep.. Ke depan, moga-moga bisa lebih baik. Yang jelas blog ini saya hadiahkan buat istriku tersayang Juhartati dan anak-anakku Raihan dan Nuha, dan tentu saja Kamyu-Kamyu semua :-) enjoy... help your self, bantu saya menemukan diri. thanks

Search in the Quran
Search in the Quran:
in
Download Islamic Softwares FREE | Free Code
Powered by www.SearchTruth.com

Wednesday, May 17, 2006

Penerapan Syariah Islam dan Nation Building?

Akhir-akhir ini berkerut kening membaca diskursus RUU APP maupun penerapan perda kesusilaan, pelacuran yang diterapkan beberapa pemerintah daerah. Di satu pihak, apakah ini sebuah berita gembira bagi ummat Islam? Apakah dengan penerapan undang-undang ini ada nilai tambah yang didapatkan. Misalnya tambah banyak ummat Islam yang beriman. Lebih jauh lagi, apakah penerapan perda-perda bernuansa syariah terbukti menyelaikan masalah tanpa masalah? Ada baiknya sarjana-sarjana Indonesia menjadikannya sebuah area penilitian baru. Sehingga ada feedback positif yang berujung kepada perbaikan atau bahkan pencabutan, jika dampaknya kurang signifikan dan malah menjadi bumerang bagi ummat Islam sendiri. Jangan sampai perda-perda syariah hanya menjadi pemoles permukaan dan ajang meraih dukungan politis temporal.

Di pihak lain kecurigaan bermunculan dari komponen bangsa yang tidak sependapat masalah moral yang dianggap ruang private ini menjadi undang-undang. Yang lebih miris lagi, muncul kecurigaan bahwa agenda-agenda seperti penerapan undang-undang berbau moral seperti RUU APP, pelacuran, perjudian, dan sebagainya adalah jalan menuju Negara Islam Indonesia. Sejauh itukah? Apakah usaha-usaha penerapan hukum yang berasal dari kompilasi nilai-nilai (yang dianggap) universal oleh ummat Islam, menyebabkan bangunan negara bernama Indonesia akan berubah? Sampai titik manakah para negarawan baik dari kalangan nasionalis, sosialis (kalau ada) dan agamis akan tarik menarik mendefinisikan Bangsa Indonesia? Sampai titik manakah Nation Building akan menemukan titik temu.

Andaikan saya bisa menjawab semua pertanyaan diatas, tentu kening ini nggak perlu ditarik-tarik. Insyaallah.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home