Soul of Hadi

Selamat datang di Diary onlineku. Terus terang blog ini lahir tanpa konsep.. Ke depan, moga-moga bisa lebih baik. Yang jelas blog ini saya hadiahkan buat istriku tersayang Juhartati dan anak-anakku Raihan dan Nuha, dan tentu saja Kamyu-Kamyu semua :-) enjoy... help your self, bantu saya menemukan diri. thanks

Search in the Quran
Search in the Quran:
in
Download Islamic Softwares FREE | Free Code
Powered by www.SearchTruth.com

Monday, October 17, 2005

Pilihan-pilihan

Hidup adalah pilihan-pilihan. Pilihan yang diambil hari ini sangat menentukan langkah dan hasil di masa depan. Tidak mungkin kita lari dari pilihan. Resiko selalu ada di balik pilihan. Tidak memilihpun adalah sebuah pilihan, dan tentu saja ada resiko memilih "tidak memilih".

Namun hari ini saya berpikir, selama kita hidup kita harus memilih. Harus berani memilih. Benar salah adalah resiko. Orang menentukan pilihan bisa karena nekat, karena dia PD dengan kemampuannya, atau situasi no-choice. Ya adakalanya kita harus memilih karena memang harus memilih dan kita berada dalam situasi tidak bisa "tidak memilih". Saya berlindung dari situasi no-choice ini. . Nekad dan no-choice ... terlalu rentan untuk mengantisipasi resiko terburuk. Sementara memilih karena mampu... mengandung unsur gambling.

Kemampuan bisa mengacu kepada kemampuan saat ini.. yang berarti hasil masa lalu.. padahal resiko pilihan ada di masa depan. Kemampuan bisa juga mengacu kepada tekad.. bahwa kita mampu... namun lagi2 masih ada uncertainity di sana...perlu belajar Probability dengan Random variable.. :-))

Pada titik dimana, kita merasa mampu, percaya diri memang meningkat. Namun PD ini bisa turun drastis jika kita menyadari ternyata pilihan yang kita ambil terlalu berat...atau tidak sesuai harapan.. atau lebih buruk lagi, yang menyebabkan kita jatuh, menyesali pilihan kita, dan jatuh tidak PD.

Sebagai orang beriman.. kita punya Allah yang punya pengetahuan tentang masa depan, yang mempunyai kekuasan menguatkan hati-hati yang lemah, sumber segala kekuatan. Masa lalu ada dalam genggaman kita, Masa depan tetap ada di Arsy sana. Kesadaran bahwa kita lemah sungguh melegakan.

Tersyungkur dalam tafakur dan istikharah

wassalam
hadi

0 Comments:

Post a Comment

<< Home